Wednesday, October 25, 2017

Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar

Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar - Perancangan kliping kerap kali dijadikan tugas oleh seorang guru terhadap siswanya, tetapi di masyarakat aktivitas perancangan kliping juga sering dilaksanakan oleh para ibu-ibu rumah tangga dengan tujuan untuk sekedar koleksi resep dari media cetak meliputi majalah maupun koran. Tak hanya pelajar saja, tugas-tugas kliping juga kerap kali di berikan ke mahasiswa di perguruan tinggi.

Definisi kliping itu sendiri adalah suatu kegiatan dalam pengumpulan bahan dengan cara menggunting artikel-artikel berikut dengan gambarnya dari surat kabar, majalah, ataupun dari sumber lainnya yang menunjang tahap pembuatan kliping, dengan tujuan untuk mendokumentasikan. Potongan artikel dengan gambarnya dalam sebuah kliping harus berisikan tema yang sama, contohnya kliping resep makanan sehingga artikel dan gambar yang ada didalamnya harus membahas terkait resep makanan yang bersangkutan.

Kegunaan kliping sebetulnya banyak sekali, contohnya seorang guru memberikan tugas PR kepada siswanya, hal ini sebetulnya bergunna untuk melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka. Dalam penggarapan kliping juga siswa akan belajar mencari bahan-bahan yang relevan dari sumber-sumber yang bermacam-macam, maka ketika di perguruan tinggi mereka tak akan terkejut dengan tugas-tugas seperti ini.

Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar

Selanjutnya jika telah mengetahui definisi dan tujuan perancangan kliping, kemudian kita akan sama-sama belajar membuat kliping yang baik dan benar. Beikut ini adalah beberapa tahapan dalam membuat kliping, antara lain :

1. Sebelum membuat kliping, siapkan terlebih dahulu temanya yang akan diangkat ke dalam sebuah kliping. Misalnya tema kliping yang diangkat yaitu bidang pertanian, sehingga isi dari kliping tersebut mengulas tentang persoalan pertanian dan jangan mengikutsertakan artikel yang tak sesuai didalam satu kliping.

2. Pengumpulan bahan kliping, di dalam pengumpulan bahan dari kliping itu adalah carilah bahan-bahan kliping dari media cetak meliputi surat kabar, majalah, maupun media yang lain semisal internet. Untuk media internet alangkah baiknya dicetak terlebih dahulu, supaya kliping terlihat lebih menarik.

3. Untuk tahap pengumpulan bahan sebaiknya mencari dari media cetak dari tahun-tahun yang lalu hingga yang terbaru, bila memang di media cetak tak terdapat artikel yang relevan sehingga diperbolehkan mencari di internet. Tetapi untuk keseluruhan kliping dihimbau supaya jangan semuanya didapat dari internet.

4. Selanjutnya jika bahan kliping sudah terkumpul, kemudian sediakan juga alat-alat yang meliputi gunting penggaris, dan juga lem. Jika Anda ingin menghiasi kliping sediakan saja pelengkapan aksesoris untuk menambah daya tarik kliping.

5. Sebelum memasuki tahap pengguntingan bahan kliping, sediakan terlebih daulu beberapa lembar kertas HVS atau Folio yang Anda perlukan kemudian buatlah jilid. Selain menjilid kertas HVS atau Folio dapat juga dengan memakai buku tulis atau buku gambar.

6. Berikutnya masuk pada tahap pengguntingan, pilihlah bahan yang akan digunting, kemudian tempelkanlah bahan tesebut dengan lem ke lembaran kertas HVS. Lakukanlah hal yang sama pada lembaran HVS selanjutnya.

7. Di dalam tahap penempelan artikel susun dengan sitematis mulai dari tanggal hingga dengan tahun terbitnya, maka kliping terlihat lebih rapih dan menarik. Tak lupa pula tempelkanlah juga sumber artikel yang anda dapatkan dari surat kabar maupun dari internet.

8. Di dalam tahap penempelan Anda dapat menempelkannya sesuai dengan selera Anda, semisal menempelkan hiasan bunga maupun lainnya di halaman kliping, supaya halamannya lebih menarik untuk diamati.

9. Jika tahap penempelan isi kliping telah dilakukan maka tahap berikutnya yaitu membuat cover atau sampul kliping dengan tampilan yang menarik, hal ini supaya membuat para pembaca lebih penasaran dan tertarik untuk membaca kliping tersebut.

10. Tiap lembaran HVS sisakanlah satu atau dua lembar dihalaman depan untuk pembuatan daftar isi, selain itu berilah nomer halaman di footer HVS supaya pembaca dengan gampang untuk menemukan halaman yang diinginkan sesuai dengan daftar isi yang sudah dibuat.

Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar

Contoh-contoh Kliping yang  Benar

1. Kliping Agama
Kliping agama dimana kiping ini berisikan tekait persoalan keaagaaman atau kerohanian, maupun panduan belajar semisal kliping dengan judul kliping belajar Al-Quran dan hadist.

2. Kliping Resep Masakan
Kliping resep makanan umumnya dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga yang akan dipakai untuk panduan yang dipakai untuk memasaknya, misalnya kliping resep yakni dengan judul Kliping Resep Makanan Daerah.

3. Kliping Komputer
Kliping komputer umumnya menjelaskan tentang panduan atau pesoalan yang terdapat pada komputer, umumnya kliping ini sering dijadikan tugas mahasiswa atau siswa yang kuliah di jurusan RPL atau ilmu komputer. Semisal judul klipingnya adalah Kliping Panduan Merakit Komputer.

Nah itulah contoh kliping yang baik dan benar yang meliputi sebagian contoh saja kliping yang sering dibuat, tetapi selain contoh diatas masih banyak lagi contoh-contoh kliping yang lainnya. Demikian penjelasan yang dapat saya beikan terkait Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuat kliping. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kliping dan Contoh Kliping Yang Benar