Sunday, January 14, 2018

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Yang Menarik

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Yang Menarik - Perpisahan adalah saat-saat dimana semua perasaan bercampur padu. Senang dan sedih. Di dalam dunia pendidikan, perpisahan umumnya dilaksanakan dengan acara perpisahan yang mana semua orang berkumpul dan saling berbagi dengan hal-hal yang sudah dialami bersama. Salah satunya yang tidak pernah terlewatkan dari acara perpisahan yaitu pidato. Pidato mempunyai peranan yang penting dalam acara itu. Maka daripada itu, naskah pidato perpisahan tidak sembarangan. Pasalnya, tak semua orang bisa menyusun teks pidato perpisahan. Untuk Anda yang diamanahkan untuk menyusun naskah perpisahan, berikut ini beberapa contoh teks pidato tentang perpisahan yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Pidato merupakan ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang dilihatkan kepada orang banyak. Bisa juga diartikan pidato merupakan wacana yang disediakan untuk dibacakan di depan orang banyak. Makna kedua tersebut mengarah pada bentuk bahasa tulis atau naskah. Skill berpidato seseorang akan sangat dilihat oleh segala aktivitas dalam kesehariannya. Jika dia sering berpidato dan akrab dengan dunia pidato, secara otomatis pidato tak akan menjadi beban yang susah lagi untuknya. Bahkan, sedikit banyak dia bisa berpidato dengan baik. Kualitas pidato seseorang tak hanya ditentukan oleh isinya, namun juga dilihat dari kemampuan dalam menyampaikan isinya dengan penampilan yang baik.

Dalam berpidato seseorang dapat menggunakan metode:
  1. Menghafal (berpidato dengan menghafal isi naskah)
  2. Naskah (membaca teks yang sudah disediakan sebelumnya)
  3. Ekstemporan (berdasarkan garis besar gagasan yang sudah disediakan)
  4. impromptu (bersifat spontanitas, tanpa adanya persiapan).

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Yang Menarik

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Yang Menarik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah SDN Tamanan 1, yang terhormat guru-guru SDN Tamanan 1 dan teman-teman yang saya hormati,

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan seizin Tuhan kita dapat hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan SDN Tamanan 1.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyempatkan hadir dalam acara perpisahan ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.


Isi pidato perpisahan sekolah :
Hadirin yang saya hormati,

Tak terasa waktu sudah berlalu sampai pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Semua hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berkesan dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang sudah sabar dan penuh kasih sayang dengan membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang sudah bapak ibu guru diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang bermanfaat.


Penutup Pidato Perpisahan Sekolah :
Di mana terdapat perjumpaan, tentu terdapat perpisahan. Semoga juga perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturrahim dengan sekolah kami tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin sudah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikian sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita bisa meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Nah itulah tadi merupakan contoh pidato perpisahan sekolah yang pada biasanya dibawakan oleh perwakilan siswa, semoga dengan adanya contoh pidato perpisahan sekolah ini anda bisa lebih baik lagi dalam berpidato di depan teman-teman dan guru-guru di sekolah anda sebab pastinya acara perpisahan sekolah haruslah penuh dengan pesan dan kesan yang mendalam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Yang Menarik