Friday, January 12, 2018

Cara Membuat Website Keren Dengan WordPress Secara Praktis

Cara Membuat Website Keren Dengan WordPress Secara Praktis - Di zaman yang serba modern ini membuat website tak lagi hanya perkara yang sulit. Kita sangat diuntungkan akan adanya perkembangan teknologi internet dan dunia website yang sangat signifikan. Sangat banyak terdapat platform website yang dapat kita gunakan secara free dan sederhana. Terlebih sekarang memang semakin banyak orang yang mencari informasi melalui internet. Pengguna internet di Nusantara pun telah semakin banyak.



Apa Itu WordPress?

WordPress adalah platfrom aplikasi website untuk membangun blog. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan manusia akan internet, WordPress mengalami peningkatan dan penambahan fitur yang sekarang ini dapat kita pakai juga untuk membuat website dengan berbagai macam kepentingan. Sehingga fungsi WordPress saat ini tak hanya sebatas blog. Tetapi dapat juga kita gunakan untuk membuat website statis, website toko online, website profil bisnis, website properti, website kursus online, dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis WordPress terdiri atas 2 versi, yakni :
  1. WordPress Instan (WordPress.com)
  2. WordPress Instal (WordPress.org)

WordPress Instan dapat kita peroleh dengan cara membuat akun di WordPress.com, sementara WordPress Instal dapat kita peroleh dengan cara mendownloadnya di situs WordPress.org dan menginstalnya di hosting kepunyaan sendiri (self hosted).

Cara Membuat WordPress Di WordPress.Com

1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Jika sudah terbuka, nantinya akan muncul form seperti gambar dibawah ini :


Pilih nama blog Anda dikolom tersebut, nanti nama anda yaitu alamat yang akan dipakai oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress.com Anda. Lalu, lanjut dengan klik tombol “Buat Situs Web”.

2). Selanjutnya, akan muncul form semisal berikut. Isi kolom-kolom tersebut memakai informasi yang benar. Nanti informasi semisal email, nama pengguna (username), dan password, akan selalu Anda pakai saat akan login ke halaman panel kontrol blog WordPress punya Anda.



3). Di bagian kolom Alamat Surel (Email), tentukan Anda memakai alamat email yang aktif, dan yang sering Anda buka. Sebab WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan lewat email itu. Bila Anda belum memiliki email, mohon buat email dulu. Dapat di Yahoo, Google, ataupun yang lainnya.

4). Di bagian kolom Nama Pengguna (Username), pilihlah nama pengguna yang Anda gemari. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, sebab nama pengguna ini bersifat eksklusif dan hanya dapat dipakai oleh satu pengguna saja. Bila username pilihan Anda ditolak, carilah nama lain sampai benar-benar diterima.

5). Di kolom Kata Sandi atau password, buat kata yang agak menarik, yang kira-kira Anda selalu ingat, tetapi tak mudah ditebak oleh orang lain.

6). Nah, bila nama blog yang Anda masukkan tersebut ada dan dapat diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akan tertera nama blog pilihan Anda dengan ditandai tanda centang yang berwarna hijau. Tetapi bila nama pilihan Anda telah digunakan oleh pengguna lain, sehingga akan muncul tanda centang yang berwarna merah.

7). Bila pelengkapan data informasi pada kolom-kolom di atas telah selesai, scroll ke bawah mouse pointer Anda, maka di tampilan layar laptop / PC Anda terlihat tabel sebagai berikut.


Klikkan tombol “Buat Blog” yang saya tandai dengan panah merah, sebab kita akan membuat versi blog WordPress yang free. dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi terkait dengan akun yang barusan Anda daftarkan.

8). Nah, selanjutnya Anda melakukan penyesuaian terhadap blog yang akan Anda pakai. Kurang lebih ada 4 tahapan yang dapat Anda ikuti, Silahkan lihat pada gambar dibawah ini :

  • SESUAIKAN DENGAN JUDUL BLOG
  • PILIH TEMA BLOG

  • SESUAIKAN TEMA YANG SUDAH DIPILIH

  • HUBUNGKAN DENGAN SOCIAL MEDIA


9). Selanjutnya bukalah email yang tadi Anda pakai untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Bila Anda tak menemukan email dari WordPress, cobalah cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.

10). Nah, jika akun Anda telah aktif, maka akan muncul pesan-pesan seperti dibawah ini.


Demikian informasi yang kami berikan terkait Cara Membuat Website Keren Dengan WordPress Secara Praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Terima kasih











Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Website Keren Dengan WordPress Secara Praktis