Friday, October 6, 2017

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan - Pisang merupakan salah satu buah yang sangat banyak dikonsumsi di dunia untuk tujuan yang baik bagi kesehatan. Buah berwarna kuning yang berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang nutrisi besar. Buah pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 di berbagai negara dan menempati peringkat keempat di dalam dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Khasiat buah pisang telah tak perlu ditanyakan lagi, ini karena pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi favorit di Indonesia. Bahkan di setiap pelosok daerah, anda bisa menjumpai berbagai macam pohon pisang. Apalagi disetiap kebun-kebun terdapat sedikitnya ada 1 buah pohon pisang. Buah yang nikmat ini memang multi guna, bermacam-macam jenis olahan atau masakan memakai buah pisang sebagai bahan dasar bahkan pelengkapnya.
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg
Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan :

1. Melancarkan peredaran darah
Pisang mempunyai kandungan potasium yang bagus bagi peredaran darah. Kandungan kalium dapat membantu mengatur tekanan darah. Hal ini bisa mencegah resiko stroke yang dikarenakan dari timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus
Serat yang terkandung pada pisang sangat bagus untuk meminimalisir resiko sembelit. Tak perlu memakai obat-obatan yang beraneka ragam, cukup dengan mengkonsumsi buah pisang saja. Mengkolaborasikan pisang dengan segelas air susu, dapat membantu mencegah resiko penyakit usus seperti yang berbahaya yang dapat menimbulkan terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang ini dipakai untuk menahan inflamasi sebab tahap tersebut bisa dipercepat dengan vitamin C pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Khasiat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang mempunyai sejumlah vitamin A, yang larut di dalam lemak dan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Senyawa ini memelihara membran yang menyelubungi mata dan merupakan komponen penting dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga dapat mencegah risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan anda dalam aktivitas sehari-hari.

4. Menormalkan Kembali Fungsi Jantung
Memakan pisang saat sarapan setiap hari, akan meningkatkan nutrisi untuk tubuh yang mendukung kondisi fungsi jantung. Pisang yang kaya mineral yang dinamakan elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, maka langsung ke dalam aliran darah melewati dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam sebuah cairan sel.


Manfaat Pisang Bagi Pengobatan :

1. Anemia
Kandungan FE (zat besi) membuat buah ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari secara teratur dapat menambah zat besi dalam tubuh.

2. Asma
Sebuah studi yang diteliti oleh Imperial College London merumuskan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang saja per hari mempunyai resiko peluang 34% lebih kecil untuk mengalami penyakit asma.

3. Liver
Buah pisang yang dikolaborasikan dengan madu, dapat memberikan stimulan untuk nafsu makan untuk penderita lever.

4. Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat mempunyai kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu buah pisang dengan ukuran sedang bisa menyediakan sekitar 3 gram serat.

5. Diare
Jenis makanan yang meliputi saus apel dan pisang, bisa dijadikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan lenyap dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga bisa membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.

Manfaat Pisang Bagi Kecantikan :
  1. Mengontrol Minyak. Bila Anda memiliki kulit berminyak, pakailah masker wajah pisang dan tambahkanlah sedikit jus lemon dan madu. Pisang merupakan exfoliator besar yang membantu menghilangkan kelebihan sebum di permukaan kulit. Selain itu juga berisi dan mengandung air, kalium dan vitamin e dan c yang semua nya bisa membuat kulit bersinar. 
  2. Anti penuaan. Pisang juga mengandung anti oksidan yang dapat memudarkan bintik-bintik dan mencegah garis-garis halus dan kerutan di wajah. Anda bisa memelihara kulit wajah anda untuk mendapatkan kulit yang lembut, terkelupas dan melindungi kulit dewasa.
  3. Mengobati jerawat. Pisang dan kulit pisang juga dapat dijadikan oabat ramuan sendiri yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Anda bisa langsung melakukannya pada bagian dalam kulit pisang ke jerawat Anda untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri. 
  4. Menghilangkan bintik-bintik gelap. Baik itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik usia atau hanya bintik-bintik gelap saja yang membuat wajah Anda kusam, Anda bisa mengurangi dan bahkan menghasilkan warna kulit umumnya menerapkan pisang tumbuk ke wajah Anda sedikitnya dua kali seminggu.
Demikian  informasi yang kami berikan terkait Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Pengobatan, dan Kecantikan