Tuesday, January 23, 2018

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik - Anda bermaksud mengundurkan diri dari lokasi kerja yang sekarang dan merencanakan mencari kerja di lokasi lain? Tiap apapun terdapat aturannya, dahulu saat Anda bekerja di lokasi saat ini, Anda memberikan dokumen berupa surat lamaran kerja. Begitupun juga saat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, Anda wajib menyerahkan surat pengunduran diri. Walaupun hanya berbentuk surat, tetapi ini merupakan salah satu bentuk prosedur yang wajib untuk diutamakan.

DIdalam prosedurnya, melakukan suatu pekerjaan memanglah tak selalu lancar dan sederhana. Pasalnya, banyak pengalaman baru yang dapat diingat didalam perjalanan karir ini. Terlebih lagi bila sekarang yaitu pengalaman kerja pertama kali untuk Anda, pastilah tempat bekerja yang sekarang yaitu awal mula perjalanan karir yang bagus. Namun terdapat beberapa kesempatan Anda juga akan menghadapi sebuah resiko yang dapat saja terjadi secara tiba-tiba, yaitu PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Pada penulisan surat pengunduran diri, Anda wajib menyertakan tanggal dan waktunya. Tulislah juga referensi pemberitahuan layaknya yang dimuat didalam kontrak kerja, dan janganlah lupa untuk mengatakan jika masih terdapat kontrak kerja sampai batas periode yang sudah ditetapkan.
  1. Isi surat pengunduran diri wajib disampaikan dengan ringkas dan jelas. Tak usah terlalu rumit dan mengarah ke hal yang lain-lain.
  2. Sampaikanlah ucapan terimakasih yang Anda berikan kepada pimpinannya, perusahaan sampai karyawan.
  3. Ucapkanlah permohonan maaf untuk perusahaan, pimpinan ataupun karyawan yang lainnya.
Surat pengunduran diri ataupun surat resign ini dibuat oleh Anda yang berposisi sebagai karyawan ataupun pegawai. Kemudian, surat resign ini harus ditujukan pada pimpinan instansi. Biasanya, surat pengunduruan diri ini isinya adalah pernyataan yang menjeaskan bahwa Anda ingin berhenti bekerja di perusahaan terkait.

Cukup memudahkan untuk Anda yang ingin resign, kali ini telah terdapat beberapa perusahaan yang telah menyediakan surat resign. Perusahaan itu telah memiliki format surat sendiri maka Anda dapat langsung memakai format itu. Sebab ini merupakan surat resmi, sehingg contoh surat pengunduran diri dari perusahaan itu pada dasarnya memakai format sebagai berikut ; pembuka, isi, dan penutup.

Dari penjelasan di atas Anda dapat memahami bahwa surat pengunduran diri adalah surat resmi dan bisa dipakai untuk kepentingan kelompok, instansi, ataupun perorangan dalam rangka menjelaskan informasi dalam bentuk teks.

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik


Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Kepada Yth,
Kepala HRD PT.
 Inti Jaya Abadi

Jln.Basuki Tamanan Bondowoso,                                                                                1 Agustus 2017


Dengan hormat,
Sehubungan dengan datangnya surat ini saya selaku karyawan dari PT. Inti Jaya Abadi berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:



Nama: 
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Inti Jaya Abadi terhitung sejak 25 Maret 2016 dengan alasan kesehatan yang mulai menurun.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Inti Jaya Abadi yang sudah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada rekan-rekan karyawan yang telah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf jika terdapat kesalahan baik itu pada perusahaan ataupun pada rekan-rekan. Saya berharap perusahaan bisa memaklumi kondisi saya.

Saya sangat berharap bahwa PT. Inti Jaya Abadi menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih baik lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.

                                                                                                                                         Hormat saya,

                                                                                                                                         Abdul Kadir


Demikian informasi yang bisa kami berikat terkait Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik