Thursday, November 23, 2017

Cara Ampuh Meningkatkan IQ dan Daya Ingat Otak

Cara Ampuh Meningkatkan IQ dan Daya Ingat Otak - Anda ingin punya IQ yang tinggi dan daya ingat baik, pikiran lebih jernih, memiliki kosentrasi yang lebih baik dan penalaran yang baik? Menurut penelitian terbaru tentang otak, keinginan ini dapat direalisasikan. Menurut Elisa S. lottor, Ph.D., dalam buku Female and Forgetful, para ahli meneliti, faktor terbesar dalam membentuk kekuatan otak yang kuat, ingatan yang tajam, dan bahkan IQ yang tinggi yaitu pilihan gaya hidup, bukanlah genetika. Riset membuktikan dugaan para oeneliti selama ini, bahwa otak itu seperti otot-otot lainnya. Kita dapat mengembangkan otak, membuatnya lebih baik secara mental dan lebih cepat menyerap informasi baru. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan :

Cara Ampuh Meningkatkan IQ dan Daya Ingat Otak


Makan Makanan yang Mengandung Lemak
Misalnya donat, sebuah riset baru menunjukkan, makan makanan pagi yang mengandung sedikit lemak bisa meningkatkan ingatan. Para peneliti menghimbau sejumlah relawan yang diteliti untuk puasa semalam, kemudian keesokannya dihimbau untuk makan sarapan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Orang-orang yang makan donat mendapatkan nilai yang tinggi untuk kemampuan otaknya. Karena otak memperlakukan lemak sebagai bahan bakar yang dapat langsung diakses.

Permainan Bingo
Bingo (permainan dengan mencocokan angka) memerlukan kosentrasi yang tinggi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Hal ini merupakan keterampilan yang membuat otak tetap tajam. Semakin banyak main bingo, otak akan semakin tajam. Para pemain bingo yang usianya lebih tua memperoleh hasil yang lebih bagus di sejumlah tes mental dibandingkan dengan pemain yang usianya lebih muda.

Tidur Siang
Sekitar jam 15.00 siang, kita semua umumnya mengantuk. Sekitar jam 8 sesudah bangun, terjadi penurunan dalam jam tubuh yang bisa mempengaruhi kemampuan-kemampuan yang konitif. Kabar baiknya, menurut James Maas, Ph.D., dalam buku Power Sleep, hal ini dapat diatasi. Para ahli menemukan, hanya dengan tidur siang 10 menit atau meditasi, dapat mengembalikann kinerja otak ke tingkat normal. Lebih lama dari itu bisa menyebabkan grogi. Kurang dari itu tidak akan memperoleh khasiat ini.

Nutrient yang Membuat kita bisa lebih Cerdas
Para peneliti menemukan orang-orang yang memperoleh paling banyak choline, sejenis asam amino alamiah yang diantaranya terdapat pada dalam daging sapi, kuning telur, memiliki otak yang lebih cerdas dan dapat berfikir lebih cepat. Diet rendah lemak membuat orang-orang tak akan memperoleh kecukupan choline. Begitulah menurut Jean Carper dalam buku Food: Your Miracle Medicine.

Berbicara
Anda mungkin sering sekali mendengar, untuk menjaga otak tetap tajam, kita juga harus sering melatihnya dengan hal-hal seperti isi teka-teki silang dan membaca. Kini ada solusi yang lebih baik lagi. Hany dengan ngobrol dengan teman dapat mendatangkan hasil yang lebih baik. Para ahli yang meneliti 3.617 orang menemukan adanya hubungan yang jelas antar sosialisasi dan fungsi otak. Partisipasi dari segala golongan umur yang paling banyak bergaul mengalami gangguan kognitif yang paling rendah kedati pun sering melatih otak. Dugaan kebanyakan orang bahwa ngobrol tak memerlukan upaya mental ternyata salah. Scan otak menunjukkan, percakapan ringan mangaktifkan bagian khusus dari otak yang menunjukkan mengarahkan upaya hebat.

Demikian penjelasan dari kami terkait Cara Ampuh Meningkatkan IQ dan Daya Ingat Otak. Semoga bermanfaat dan selamat melatih otak anda. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ampuh Meningkatkan IQ dan Daya Ingat Otak