Tuesday, January 23, 2018

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar - Sakit memanglah suatu ujian yang tidak dapat dipredikasi dengan manusia. Walaupun telah berusaha semampunya untuk menjaga kesehatan, tetapi bila telah datang saatnya tetap saja penyakit akan datang mengganggu. Sebab ketahanan tubuh yang menurun, kerap kali membuat aktivitas seseorang menjadi terganggu, dalam bekerja, sekolah ataupun kepentingan lainnya.

Untuk anak sekolah, saat sedang sakit dan tdak dapat berangkat sekolah harus memakai surat sakit izin tidak masuk sekolah. Yapz, sebab bila tak memakai surat, sehingga akan dicatat alpa atau membolos. Namun sayangnya masih sering ditemukan surat sakit izin tak berangkat sekolah yang penulisannya masih salah. Hal ini dapat  dikarenakan oleh beberapa faktor semisal :

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar

1. Pemakaian bahasa
Sebab surat izin tak masuk sekolah tergolong surat resmi dan ditujukan pada pihak sekolah sebagai instansi resmi , sehingga bahasa yang dipakai harus baku dan sopan. Hindarilah pemakaian kalimat yang rumit.

2. Pemakaian tanda baca
Walaupun tergolong faktor yang kecil, tetapi pemakaian tanda baca di surat ijin sakit sangat penting. Sebab pemakaian tanda baca yang benar akan membuat surat ijin sakit yang anda tuliskan menjadi lebih rapih dan mudah untuk dibaca. Selain itu, tanda baca yang berfungsi sebagai penyambung juga akan mempengaruhi arti dari susunan kata.

3. Kerapihan
Tak hanya itu saja, pada dasarnya pemakaian tanda baca, faktor awal yang akan mempengaruhi kerapihan surat ijin sakit tak masuk sekolah yang anda buat ialah tulisan tangan. Ya, sebab tak mungkin surat sakit tak masuk sekolah dibuat dalam bentuk di print.

Maka dari itu usahakanlah jangan sampai terdapat coretan di surat itu. Sebab walaupun tulisan tangan anda tidak begitu bagus, yang penting rapi maka akan tetap lebih baik. 3 hal itu harus benar-benar menjadi perhatian dengan benar. kemudian bagaimana susuan surat izin sakit? Pada umumnya, surat sakit sama dengan surat izin lainnya, yakni terdiri dari beberapa bagian, diantara sebagai berikut :
  1. Tempat dan tanggal, yakni tempat pembuatan dan tanggal pembuatan surat
  2. Yang dituju, catatan jika memakai kata “Kepada” maka jangan memakai kata “Yth” dan sebaliknya, jika anda menggunakan “Yth” maka jangan gunakan “Kepada”. Atau dapat dikatakan cukup dengan memilih salah satu dari keduanya.
  3. Salam pembuka, pada dasarnya memakai kalimat “Dengan hormat”.
  4. Pembuka, berisi pembukaan atau sapaan pada yang dituju. Dan biasanya hanya berupa 1 ataupun 2 kalimat saja. Dan susunan kalimat yang dipakai pun biasanya sangat singkat tetapi efektif.
  5. Isi surat, berisi terkait identitas anak dan apakah tujuan dari surat itu.
  6. Penutup, berisi permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Catatan, jangan pernah memakai kata-kata “nya” tetapi gunakanlah “bapak/ibu”. Seperti misal “terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  7. Tanda tangan wali murid.
Agar lebih jelas, anda dapat memahami contoh surat izin sakit tak masuk ekolah berikut ini :

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar                                          
                                                                                                               Bondowoso, 23 Januari 2017
Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 2
SMAN Tamanan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Suthan Zico Fernanda Lestaluhu
Siswa : Kelas XII IPA 2. SMAN Tamanan
Alamat : Jl. Basuki No. 1 Tamanan Bondowoso

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 23 Januari 2017 disebabkan sakit. Oleh sebab itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 2 agar memberikan izin.

Demikian yang bisa kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

                                                                                                                                  Hormat kami,
                                                                                                                            Orang tua/Wali murid

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan selamat belajar. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Baik & Benar